Kamis, 22 Oktober 2009

Algae termasuk Kingdom apa?

Sebenarnya Algae termasuk kingdom apa??? Pertanyaan ini terus menghantui saya setelah saya membaca buku Biologi karya Campbell et al. yang memasukkan kelompok Algae dalam Kingdom Protista, bukan tumbuhan. Sedangkan dalam mata kuliah Taksonomi Tumbuhan Rendah (Sumber pustaka: Gembong Tjitrosoepomo) , algae digolongkan sebagai tumbuhan thallophyta (tumbuhan bertalus). Algae bersama lumut dikelompokkan menjadi satu dalam Divisi Thallophyta yaitu tumbuhan yang tidak bisa dibedakan antara organ akar, batang, dan daun. Tentu hal ini menarik perhatian saya untuk mendalaminya lebih lanjut. Akhirnya karena penasaran, saya pun browsing di internet dan menelusuri berbagai referensi yang berbeda yang kemudian saya ramu.

Dalam sistem klasifikasi 5 kingdom yang dikonsep oleh Whittaker, algae digolongkan ke dalam kingdom protista. Protista adalah kelompok makhluk hidup eukariotik uniseluler dan sebagian kecil multiseluler yang hidup soliter dan berkoloni. Protista secara garis besar dikelompokkan dalam 3 golongan yaitu protista mirip hewan (protozoa), protista mirip tumbuhan (algae) dan protista mirip jamur (jamur lendir). (Selengkapnya mengenai protista dapat anda baca pada artikel saya yang lain).

Algae adalah kelompok protozoa yang mirip dengan tumbuhan karena memiliki klorofil, sehingga algae mampu melakukan fotosintesis dan membuat makanannya sendiri (autotrof), sama seperti halnya tumbuhan.Namun, Algae berbeda dari tumbuhan karena tidak memiliki diferensiasi jaringan dan tidak memiliki akar, daun, atau batang yang sesungguhnya. Selain itu metode reproduksi mereka juga berbeda, algae memproduksi gamet dari ruang bersel tunggal, bukan multisel. Bagaimana halnya jika algae dibandingkan dengan kelompok tumbuhan yang mendukudi tingkat evolusi terendah, tumbuhan lumut!!!



4 komentar:

Rachel's Blog mengatakan...

Good job. Saya benar2 terbantu...! :) makasih ya

Unknown mengatakan...

Thanks bgt bro..

Unknown mengatakan...

thanks bermanfaat banget...

Anonim mengatakan...

Terima kasih.